Review Ace Combat 7 : Skies Unknown

Review Ace Combat 7 Skies Unknown

Review Ace Combat 7 : Skies Unknown

The Sims. – Akhir-akhir ini, jenis combat flight simulator adalah jenis game yang jarang sekali dapat di nikmati oleh beberapa orang. Kurangnya game-game yang mempunyai jenis semacam tentu saja jadi aspek terpenting kenapa jenis ini jarang didapati oleh gamer-gamer umumnya. Serial Ace Combat dapat disebut adalah salah satunya serial flight simulator yang popular, akan tetapi sudah sempat hilang sesudah rilisnya Ace Combat 6 di Xbox 360 serta Ace Combat Infinity di PS3.

Adalah satu serial yang lama ditunggu-tunggu oleh fansnya sesudah sekian tahun lamanya, pasti Ace Combat 7: Skies Unknown jadi satu game yang betul-betul dinanti oleh beberapa pemain. Baik pengagum lama serial itu atau penggemar game simulasi. Apa Proyek Aces dapat menjawab keinginan dari beberapa fans yang menanti lama game ini?

Bila kamu memandang jika kamu mesti ikuti enam seri sebelum Ace Combat 7 untuk tahu ceritanya, jadi kamu tidak butuh cemas sebab narasi dalam Ace Combat 7 masih dapat di nikmati sendiri tiada tahu kejadian-kejadian yang berlangsung di Ace Combat awal mulanya. Ace Combat 7 kembali bercerita mengenai perang pada Osea serta Erusea. Kesempatan ini, menceitakan mengenai seseorang pilot dengan callsign ‘Trigger’ yang disebut anggota dari unit elit Mage Squadron.

Walau merupakan seorang anggota dari skuadron elit, nasib Trigger tak berjalan mulus karena ia dituduh sebagai tersangka pembunuhan mantan Presiden Osea, Vincent Harling dalam sebuah misi penting dikarenakan posisi pesawatnya yang paling dekat dengan transport helicopter yang dinaiki oleh Harling.

Trigger pun harus mendekam bersama tahanan perang lainnya dalam 444th Air Base, dimana para tahanan disana merupakan mantan pilot pesawat tempur dan diperintahkan untuk menjadi ‘umpan’ bagi serangan-serangan dari pesawat Erusea. Kematian Harling dan kehadiran Trigger dalam tim pengecoh 444th Air Base tentunya menjadi pemicu berawalnya cerita dari Ace Combat 7.

Gameplay yang imersif dan menantang

Kembali lagi dengan serial terbarunya, apa yang membuat Ace Combat begitu digemari oleh para penggemarnya jelas merupakan pengalaman imersif sebagai seorang pilot pesawat tempur. Ace Combat menghadirkan elemen pertarungan udara yang dinamis dan menegangkan dalam setiap misinya dengan dua pilihan control, yakni Standard yang memudahkan pemain baru untuk bermanuver di udara, dan Expert yang memberikan pengalaman klasik Ace Combat dengan kontrol presisi sehingga pemain mampu melakukan manuver-manuver di udara.

Jika kamu merupakan pemain baru yang belum pernah mencicipi Ace Combat sebelumnya, maka terdapat mode Free Flight dimana kamu dapat berlatih untuk membiasakan diri dengan kontrol pesawat, mencoba manuver-manuver di udara, atau ketika hanya ingin merasakan pengalaman bebas lepas di udara.

Ketika sudah terbiasa dengan kendali pesawat, taktik dalam dogfighting tentu menjadi kunci dalam sebuah peperangan udara. Ketika dikejar oleh misil misalnya, kamu bisa menghindari dengan memasuki awan sehingga radar misil kacau dan tak mengenai pesawatmu. Akan tetapi, terlalu lama di dalam awan juga akan membatasi penglihatan, bahkan pesawat menjadi kurang stabil, sampai membeku.

Untuk membuka setiap pesawat, Ace Combat 7 menyediakan sebuah sistem Aircraft Tree dimana kamu dapat membuka pesawat tertentu dengan meng-unlock pesawat sebelumnya. Tak hanya pesawat, pilihan spare part dan juga senjata juga dapat di unlock dengan merogoh sedikit uang in-game yang didapat dari misi-misi.

Untuk menambah imersi dalam game agar mendapatkan pengalaman bermain yang lebih realistis, terdapat pula mode VR untuk memainkan game ini layaknya duduk di kokpit pesawat tempur. Sayangnya, mode VR dalam Ace Combat 7 masih secara eksklusif tersedia untuk PlayStation VR saja, dan terasa terbatas dengan hanya 3 misi yang bisa kamu mainkan. Kamu juga harus terbiasa mengendalikan Expert control dulu sebelum terjun ke mode VR dan kembali membiasakan posisi dudukmu sebagai pilot.

Detail pesawat tempur dan langit yang memukau

Kualitas grafis yang menggunakan Unreal Engine 4 dan TrueSKY – yang dikembangkan oleh Project Aces menghadirkan kualitas langit dengan grafis yang luar biasa dalam Ace Combat 7. Detail-detail pesawat dan environment yang ditampilkan dalam Ace Combat 7 juga tak main-main. Sayangnya karena berfokus pada langit, detil-detil daratan tak terlalu ditonjolkan dan hadir seadanya.

Untuk menambah pengalaman bermain yang maksimal, Skies Unknown hadir dengan performa framerate yang stabil dan memukau di 60fps. Tak sekedar menjadi simulator pesawat tempur, terdapat pula opsi replay yang merekam pertarungan panjangmu, sehingga kamu dapat menyaksikan rekaman langsung dari misi yang baru kamu selesaikan.

Kesimpulan
Ace Combat 7 Skies Unknown berhasil mengobati rasa rindu para fans yang menunggu-nunggu serial combat flight simulator yang telah lama ‘hilang’ dari permukaan setelah beberapa tahun ini. Menghadirkan gameplay yang apik, tingkat imersi yang tinggi dengan kualitas grafis memukau dengan Unreal Engine 4 membuat Skies Unknown pantas dimainkan oleh gamer yang menyukai pertempuran pesawat dengan kualitas tinggi.

Tingkat learning curve yang lumayan berat tentu akan membuat beberapa pemain ‘mundur perlahan’. Namun, apabila sudah mulai terbiasa dengan control dan mengetahui karakteristik pesawat dengan baik, maka jerih payah latihanmu akan terbayarkan dengan pengalaman gameplay yang tak terlupakan.